Friday, February 11, 2011

TIPS MEMILIH DAN MEMBELI HAMSTER

   Hamster memang hewan yang lucu dan ngegemesin banget. begitu ngeliat foto-fotonya atau ngeliat secara langsung pasti ada keinginan untuk membeli dan melihara hamster tapi kita gak tau hamster yang bagus tuh kaya apaan. nah, buat kalian yang masih pemula jangan takut, disini gw mw ngasih solusi buat kalian gimana cara memilih hamster yang baik. langsung aj kali ya. .hehe

1.Pilihlah jenis hamster yang anda inginkan, ada 4 jenis hamster di Indonesia, Campbell, Winter White, Roborovski, syrian pilih janis hamster yang kalian suka karena setiap jenis memiliki karakter masing-masing.untuk lebih jelasnya klik di sini

2. Hamster harus aktif bergerak ini penting karena hamster yang aktif nandain klo mereka itu sehat (kecuali jenis syrian karena jenis iniagak pemalas) karena hamster yang sakit pasti bakal lebih sering diem.biasanya hamster aktif mulai sore sampe malem karena siang-siang mereka lebih sering tidur.

3. Mata bersih dan sehat, mata yang berkilau dan gak berair mnandakan hamster itu bersih. kadang-kadang ada aja hamster yang matanya setengah melek bahkan ada yang ga bisa dibuka makanya kita harus hati-hati klo beli hamster.

4. Telinga tidak cacat untuk telinga kita harus sangat jeli ngeliatnya karena telinga yang sobek kemungkinan hamster lagi luka akibat berantem, selain itu ada juga yang telinganya borok/koreng ini disebabkan hamster sering garuk-garuk telinga akibat serangan kutu.

5. Bulu tebal dan mengkilap dengan bulu yang tebal plus mengkilap berarti hamster ini terawat dengan baik oleh si penjual otomatis hamster ini bisa dinyatakan bersih dan sehat.dengan bulu yang tebal dan mengkilap hamster bakalan keliatan lebih bagus. 

6. Ekor tidak basah, ekor yang basah menandakan hamster ini mendeita penyakit yang disebut wet tail. jadi pastiin dulu bagian ekornya gak basah.

7. Hidung tidak Basah, klo hidung hamster basah kemungkinan hamster lagi flu (kaya manusia aj klo flu ingusan. .haha).sebelum beli periksa hidungnya jangan sampe beli hamster yg sakit. 

8.Tidak ada luka atau benjolan, luka dan benjolan bisa jadi disebabkan hamster ini pernah berantem. jelas hamster itu dalam keadaan gak sehat jadi teliti dulu semua bagian tubuhnya angan sampe ada luka.

9.Periksa jenis kelamin, klo kita mau beli hamster sepasang (jantan dan betina) baiknya kita cek dulu kelaminnya ntar takutnya kita dapet jenis yang sama, sampe sumur rumah gw kering juga kaga bakalan beranak tuh hamster.. haha.untuk ngebedain jantan dan betina bisa klik di sini.

10. Pastikan beli di pet shop atau peternak yang terpercaya, jangan asal-asalan beli hamster, kita harus liat dulu bagaimana hamster diperlakukan dan dirawat sama penjualnya, klo dirawat asal-asalan dengan tempat yang kotor dan gak layak terus makanan yang asal-asalan kemungkinan hamster kurang sehat.

11. Cek harga pasaran, ini yang paling penting jangan sampe kita beli hamster dengan harga diatas standar ntar bisa rugi donk. .hehe

12. Jangan lupa untuk membeli makanannya, pertama mulai melihara hamster pastinya kita harus punya stok makanan secukupnya jangan sampai kehabisan makanan bisa-bisa hamster kesayangan kalian mati.



Berikut langkah-langkah membawa hamster dari tempat membeli

klo udah milih hamster yang gakal dibeli,maka yang berikutnya harus dilakukan adalah membawa hamster tersebut ke tempat tinggalnya yang baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Usahakan membawa hamster pada saat sore hari, atau saat matahari udah agak redup
2. Usahakan membawa hamster dengan kendaraan yang ber AC atau memiliki pendingin                                
   (klo bawa hamster saat siang bolong)
3. Bawalah hamster dengan tempat yang tidak terlalu kecil jika perjalanan dari petshop/breedercukup jauh
4. Jangan lupa bawakan juga makanan secukupnya jika perjalanan cukup jauh
5. Disamping itu,sediakan wortel segar,jika perjalanan cukup jauh.
6. Usahakan hamster tidak melihat ke luar selama perjalanan

klo kita tetep pengen bawa hamster saat panas terik, ini ada tipsnya :

1. Usahakan hamster tidak terkena sinar matahari langsung
2. Usahakan tempat untuk membawa hamster memiliki cukup ventilasi udara
3. Bisa dicoba meletakkan potongan keramik atau rumah keramik di tempat membawa hamster, karena           keramik bisa untuk meredam panas
4. Disamping itu,sediakan wortel segar,jika perjalanan cukup jauh.
5. Usahakan membawa hamster dengan kendaraan yang ber AC atau memiliki pendingin 

3 comments:

  1. gan, hamster ww gbe golden yang gue beli dari lo lincah banget
    lo jual makanannya juga kan? nanti gue beli di lo aja, gue bandingin makanan di pet shop sama yang lo jual harganya beda jauh soalnya

    ReplyDelete
  2. sehat" n lincah kan hamster dr gw ? mana bulunya halus lg. .
    iya gw jual makanan'y cuma blm d'publish aj d'blog, maklum lg sibuk sama kuliah nih. .

    makanan 1 kg 20rb klo 1/2 kg 12rb.
    ini kualitas racikannya udh KW paling bagus. .
    bikin hamster cepet gede n lincah. .
    hehe

    ReplyDelete
  3. alamatny adimana gan ane juga mau beli nie





    ReplyDelete