Thursday, February 10, 2011

JENIS MAKANAN YANG BAIK DAN YANG DILARANG UNTUK HAMSTER.

   Makanan adalah salah satu sumber utama bagi makhluk hidup. nah buat hamster lover sekalian gw mau ngasih tau berbagai macam makanan yang baik dan yang dilarang untuk Hamster kalian, karena kalau makanan yang kalian kasih salah bisa bahaya loh buat hamster kalian mulai dari bisa terkena penyakit, obesitas sampai dengan kematian. . .ngeri bgt kan. Tapi kalian ga usah khawatir ngasi makanan yang salah buat hamster kalian, oleh karena itu gw mw share beberapa jenis makanan yang baik dan yang harus dihindari oleh hamster (cekibrot gan. .)  


MAKANAN YANG BAIK UNTUK HAMSTER

Banyak orang yang ingin memelihara hamster bertanya, pakan apa yang cocok untuk hamster? Kita perlu mengingat bahwa hasmter berasal dari daerah padang rumput sub tropis. Dengan demikian, dapat ditebak bahwa di tempat asalnya hamster makan biji-bijian. Hanya dengan memberi satu jenis pakan hamster tidaklah bijak, karena kebutuhan gizi hamster pasti tidak akan terpenuhi. Berikut adalah pakan yang cocok untuk hamster:

Kacang Tanah
Kacang tanah mengandung banyak lemak. Kacang tanah penting untuk membuat hamster merasa kenyang. Lemak akan disimpan untuk cadangan energi. Pemberian kacang tanah sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal ini penting untuk menghindari kegemukan pada hamster. Selain itu, kelebihan lemak dapat mengakibatkan serangan jantung.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sangat disukai orang. Kebanyakan orang mengidentikan biji bunga matahari sebagai satu-satunya makanan hamster. Padahal ini tidak benar. Hanya memberi hamster dengan biji bunga matahari akan menyebabkan hamster mengalami kekurangan gizi dan obesitas karena biji bunga matahari mengandung lemak tinggi. Seperti halnya pemberian kacang tanah, pemeberian biji bunga matahari hendaknya dibatasi. Memang benar bahwa hamster sangat menyukai biji bunga matahari, namun demikian sangatlah bijak jika kita mengendalikan nafsu makan mereka. Biji bunga matahari juga dapat digunakan untuk menjinakkan hamster. Dengan memberikan biji bunga matahari mengunakan tangan kita, lama kelamaan hamster akan terbiasa dengan tangan kita dan semakin mudah untuk dipegang.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai adalah biji-bijian yang kaya protein. Pemberian kacang kedelai baik diberikan kepada hamster supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, kacang kedelai kering baik untuk mengasah gigi hamster karena keras. Perlu diketahui bahawa gigi hasmter terus tumbuh dan perlu diasah agar tidak terlalu panjang.

Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki banyak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin mutlak diperlukan untuk sebagai zat pengatur dalam tubuh. Kacang hijau yang keras juga baik untuk mengasah gigi hamster.

Beras Merah
Beras merah banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika hamster kekurangan karbohidrat, Kebutuhan energinya akan diambil dari lemak, sehingga lama kelamaan hamster dapat menjadi kurus. Beras merah juga baik untuk perkembangan otak.

Padi/Gabah

Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi. Selain itu, pemberian dalam bentuk gabah, memastikan hamster memakan kulit ari gabah, yang kaya akan pro-vitamin D.

Konsentrat 
Konsentrat adalah campuran dari berbagai jenis makanan yang sudah diramu oleh pabrikan(biasa disebut pur. . yang biasa dipakai pakan burung loh. ). Pemberian konsentrat juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Pemberian konsentrat harus disertai pemberian air minum yang cukup karena biasanya konsentrat menyebabkan haus.

Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster. Wortel mengandung zat-zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Wortel yang diberikan adalah wortel lokal yang berukuran besar dan dalam kondisi segar namun masih muda (belum berkayu). Wortel impor tidak disarankan karena disinyalir mengandung zat pengawet dan obat-obatan untuk menjaga penampilan hamster. Pemberian wortel juga baik untuk mejaga kesehatan mata, terutama pada hamster albino/bermata merah. Hamster-hamster bermata merah dikenal mudah terkena katarak. Jika pada kandang hamster terdapat botol minum, maka pemberian wortel cukup 1 iris per ekor. Jika kandang tidak diberi botol minum, pemberian wortel dapat juga digunakan sebagai pengganti air minum. Untuk hamster siria diberi 3 iris wortel per ekor per hari. Sedangkan untuk hamster mini, cukup 2 iris wortel per ekor per hari. Untuk hamster hamil dan menyusui, perlu di beri lebih. Mengganti air minum dengan wortel sebenarnya tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan hamster terus menerus kencing dan kandang menjadi lebih cepat bau. Cara ini boleh diterapkan untuk kondisi darurat, misal: botol minum rusak.
Tips: untuk menjaga mutu wortel agar tidak cepat busuk, pilih wortel yang besar dan mulus. Jangan cuci wortel. potong kedua ujung wortel sebelum disimpan. Kedua ujung wortel adalah titik pertama busuk. Simpan dalam wadah kedap (seperti stoples), dan masukkan dalam lemari es. Wortel tidak akan kehilangan kualitasnya.

Taoge
Taoge adalah kecambah dari kacang hijau. Taoge cukup diberikan sedikit saja setiap minggunya. Taoge mengandung banyak sekali vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster.

Air

Semua makhluk hidup memerlukan air. Begitu juga hamster. Walaupun hamster berasal dari daerah padang rumput yang minim air, tetap saja hamster membutuhkan air. Air dapat diberikan dalam botol minum hamster yang dapat dibeli di pasaran. Dalam kebutuhan darurat, air dapat diganti dengan wortel. Kebutuhan air akan meningkat drastis pada saat hamster hamil, melahirkan, dan menyusui. Pemberian air pada hamster harus air mineral apabila air mineral terlalu mahal, kita dapat memberikan air yang sudah dimasak terlebih dahulu



MAKANAN YANG DILARANG UNTUK HAMSTER

berikut adalah makanan yang terlarang bagi hamster. Pemberian makanan berikut beresiko mengganggu kesehatang hamster bahkan dapat menyebabkan kematian.


Segala Jenis Sayuran Daun


Beberapa jenis sayur-sayuran, terutama sayuran berdaun tidak baik diberikan berlebihan kepada hamster. Hamster dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi berbagi jenis sayuran berdaun, terutama sayuran berdaun putih. Sawi dapat menyebabkan kelemahan pada tulang punggung.


 Beberapa jenis sayuran yang bergetah, seperti kangkung, dapat menyebabkan mulas. Pemberian sayuran secara berlebih dapat menyebabkan hamster terlalu sering buang air besar, bahkan mencret. Gejala ini dapat diketahui dari pantat hamster yang selalu basah. Jika hamster mengalami mencret, hentikan pemberian sayuran (termasuk wortel) dan ganti dengan biji-bijian atau konsentrat. Kebutuhan akan air juga meningkat pada saat hamster mengalami diare.

Cabai dan Masakan Pedas
Cabai dan masakan pedas lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Cabai membuat sensasi pedas dengan menggerus lidah sehingga berbahaya bagi hamster. Selain itu, bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada hamster.

Ikan Asin dan Masakan Bergaram Lainnya

Ikan asin dan masakan yang mengandung garam lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Pemberian pakan jenis ini pada hamster dapat mengakibatkan bulu hamster rontok.




Coklat dan Permen
Coklat dan permen adalah makanan berbahaya bagi hamster. Coklat sendiri bersifat racun bagi hamster. Sedang pada permen, seringkali mengandung zat-zat kimia yang memang tidak pernah ada dalam makanan hamster. Selain itu, kandungan gula pada keduanya tidak baik bagi kesehatan hamster.

Makanan Instant Pabrikan
Makanan instant baik berupa snack, mie, atau apapun bentuknya dengan berbagai merek yang dijual di pasaran, tidak boleh diberikan kepada hamster. Serinkali makanan ini mengandung zat kimia sebagai bahan pewarna dan pengawet yang tidak dapat ditoleransi hamster. Dalam jumlah berlebih, zat kimia ini dapat menyebabkan tumor, kanker, dan gangguan kehamilan. Selain itu, makanan instant hampir dapat dipastikan mengandung garam, sehingga dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster.

No comments:

Post a Comment