Sunday, February 13, 2011

JENIS-JENIS HAMSTER

Hallo teman-teman smua. . .
apa kabar ? pastinya pada baik-baik aja kan.

gw disini sekedar mau share aja sama kalian mengenai HAMSTER.hamster adalah hewan mamalia yang mirip dengan tikus tapi inget ya hamster itu bukan tikus loh. .belakangan ini banyak banget orang yng melihara hemster. yah, karena mereka itu lucu dan imut-imut mudah buat dipelihara, pokoknya ga ribet deh ngerawatnya. mereka juga jinak tapi ada beberapa hamster yang suka gigit (seperti jenis campbell). to the point aj deh saya bakalan jelasin jenis - jenisnya. cekidot dah. . .


HAMSTER CAMPBELL

   Hamster ini termasuk jenis Hamster dwarf (kerdil) maksudnya hamster ini tergolong dalam jenis hamster yang mini dengan panjang kira-kira 10-15 cm untuk ukuran dewasa.kalian harus hati-hati dengan jenis yang satu ini karena cambell memiliki karakteristik galak alias suka menggigit.Umur hamster jenis campbell berkisar antara 1-2 tahun. hamster termasuk hewan yang memiliki masa reproduksi yang sangat tinggi mulai dari usia 2 bulanan mereka sudah dapat bereproduksi sampai dengan batas usianya. sekali melahirkan bisa 2-10 bayi bahkan bisa lebih. masa kehamilannya kurang lebih selama 20 hari. 
masa sapih (pemisahan anak dari induknya) sekitar 3 minggu sampai 1 bulan. campbell sendiri memiliki beberapa jenis (albino,panda,black bear,argente,opal,blue).





















HAMSTER ROBOROVSKI

   Hamster roborovski atau yg lebih sering dikenal dengan hamster Robo adalah jenis hamster yan paling kecil dibandingkan dengan yang lain karena ukurannya berkisar 4-5 cm untuk dewasa. Hamster jenis ini pun tergolong hamster yang sangat lincah, aktif dan pemalu. Robo sangat sulit untuk dipegang dan diajak main karena sifat pemalunya ia sulit sekali untuk dipegang apalagi ditangkap. Namun jenis Robo adalah jenis yang paling dicari untuk dipelihara karena bentuknya yang kecil dan karakternya yang lincah. Umur robo adalah yang paling lama dari jenis lainnya mereka dapat hidup sampai usia 3-4 tahun jika dirawat dengan baik dan benar. masa kehamilan sekitar 20-30 hari dengan rata-rata melahirkan 2-6 bayi. Bayi-bayi Robo dapat dipisahkan dengan induknya pada saat mereka berusia sekitar 1 bulan. roborovski dibagi menjadi dua jenis yaitu normal dan white face (WF).















HAMSTER SYRIAN

   Hamster syirian adalah hamster yang paling besar ukurannya 15-20cm dengan ukuran sebesar itu, hamster ini mirip dengan tikus got sehingga jarang sekali yang memelihara jenis ini. Syirian sendiri memiliki karakteristik yang sangat pemalas dan kurang lincah. umur mereka dapat mencapai 2-2,5 tahun. memiliki masa hamil sekitar 20 hari dengan jumlah anakan 2-10 ekor sekali melahirkan. Sedangkan masa sapihnya sekitar 1 bulan. macam syrian (short hair,long hair,rex,satin).






























HAMSTER WINTER WHITE ( W W )


   Nah ini dia jenis favorit gw (narsis dikit. .haha). Hamster Winter white atau WW adalah jenis hamster dwarf yang artinya hamster mini. Hamster ini mudah sekali untuk dijinakkan karena sifatnya yang tidak agresif dan tidak suka menggigit. ukuran hamster ini berkisar antara 7-9 cm untuk ukuran dewasa. Memiliki usia sekitar 2-3 tahun jika dirawat dengan baik. pada usia sekitar 2 bulan hamster ini sudah siap berkembangbiak dan terus berkembangbiak sampai pada batas usianya. lama kehamilan  kurang lebih 20 hari dengan jumlah anakan 2-10 ekor anak sekali melahirkan. Anakan dapat dipisahkan dari induknya apabila sudah mencapai usia 1 bulan jika kurang dari 1 bulan dikhawatirkan anakan akan mati atau terkena penyaki dan menyebabkan kematian (ya ujung-ujungnya mati juga. .hehe)
WW sendiri terbagi menjadi beberapa jenis  seperti normal, saphire, violet, blue argente, pearl,golden dll.


















nah sekian dulu ya temen - temen untuk infonya untuk jenis lebih detailnya bakalan gw tulis lagi diartikel berikunya. .

3 comments:

  1. Firman Dwi PrasojoApril 19, 2011 at 7:58 PM

    Maantaaaaaaab,,, makasih banyak...
    Share ke email gw donk..

    firmandwiprasojo@gmail.com

    ReplyDelete
  2. copy aj smua info'y k'microsoft word trus print deh. .
    jadi bisa d'baca berulang" gan. .

    ReplyDelete